Bandeng presto khas semarang (Sumber :carva /cakraspotdocs) 

Bandeng presto khas semarang terlaris menurut wisatawan karena merupakan oleh oleh wajib yang layak dibawa pulang saat di semarang. Bandeng presto sudah menjadi cirikhas identitas kota semarang yang sudah terkenal seantero negeri. 

Bandeng presto merupakan proses olahan bandeng yang dibumbui bawang putih, kunyit dan garam bikin maknyuss disantap menemani nasi hangat. 

Bandeng presto yang proses masaknya dipresto dengan kekuatan uap air bertekansn tinggi membuat bandeng presto bisa bertahan beberapa hari. 

Bandeng presto dengan duri lunak sangat diminati segala usia dan segala strata sosial membuat bandeng presto makin dikenal sampai pelosok negeri. 

Sejarah Bandeng Presto Semarang

Bandeng presto merupakan cerita sebuah perjuangan bertahan hidup hingga kreasinya makin dikenal sampai sekarang. 

Bandeng presto berawal dari cerita penuh perjuangan bersama Hanna budimulya yang merupakan perempuan kelahiran pati 28 juni 1959.

Berawal dari hijrahnya hanna budimulya dari pati menuju semarang mengikuti jejak suami yang jadi sopir truk disemarang. 

Karena ekonomi pas pasan saat itu dampak dari kerja suami yang cuma sopir truk membuat hanna budimulya terus mencari ide kreatif menambah penghasilan. 

Lalu muncullah ide jualan bandeng yang awalnya 28 juni 1976 saat ulang tahunnya dapat hadiah panci presto dari suaminya. Karena hanna merupakan orang pati yang jadi sentra bandeng. 

Maka diujicobakan bikin bandeng presto demgan memanfaatkan panci presto hadiah dari suami. Uji coba yang awalnya sering gagal akhirnya menemukan resep yang pas untuk bandeng presto kreasinya. 

Lalu hasil kreasinya dijualnya pada ibu ibu yang nungguin anaknya saat jemput pulang sekolah karena peminatnya banyak maka hanna budimulya memberanikan diri buka toko bandeng presto di rumahnya jl pandanaran 33 semarang. 

Karena peminatnya banyak dan selalu laris membuat antusiasme para tetangganya tertarik ikut jualan bandeng presto. Maka saat seperti itulah momen bandeng presto menjadi cirikhas semarang.

Bahkan hingga sekarang bandeng presto lewat warisan resep turun temurun semakin laris diburu wisatawan saat berada disemarang.Berikut empat tempat bandeng presto khas semarang terlaris layak dibawa pulang saat berada disemarang.

1. Bandeng presto juwana 

Bandeng presto asal semarang (sumber :instagram /liecke_suryadi)

Bandeng presto juwana merupakan bandeng resto generasi pertama yang memulai usaha kreasi bandeng presto. 

Lewat usahanya di toko jalan pandanaran no 67 -69 maka banyak wisatawan yang berburu untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh khas semarang paling legendaris. 

Toko usaha oleh oleh khas semarang yang sudah ada sejak tahun 1977 menjadi pelopor utama usaha bandeng presto. Banyak varian rasa yang bisa dibeli oleh wisatawan termasuk pindang presto dan pepes bandeng. 

Bandeng presto juwana mulai buka dari jam 06.00 wib hingga jam 22.00 wib. Harga bandeng presto dimulai dari Rp 65.000 sampai 70.000 

2. Bandeng presto elrina 

Bandeng presto elrina (Sumber :instagram /dapur_inggar)

Bandeng presto elrina merupakan kawasan pusat oleh oleh khas semarang yang berada di jalan pandanaran yang selalu jadi jujugan wisatawan saat berada disemarang. 

Bandeng presto elrina berada di jl pandanaran 57 semarang yang buka mulai jam 07.00 wib hingga 23.00 wib. Adapun harga bandeng presto dibandrol mulai Rp 71.000 hingga 80.000 tergantung besar kecilnya bandeng presto. 

Bandeng presto elrina juga punya cabang di jl pamularsih no 70 semarang dan jl profesor hamka no 41 semarang sebagai toko pusat oleh oleh khas semarang dengan aneka macam tapi yang difokuskan bandeng presto semarang. 

3. Bandeng presto bonafid 

Bandeng presto crispy (sumber :instagram /intan karinaijo) 
Bandeng presto bonafid merupakan sentra oleh oleh khas semarang dengan cirikhas bandeng presto yang lebih banyak dijual. 

Bandeng presto bonafid terletak di jl pandanaran 53 semarang. Jam buka mulai jam 07.00 wib sampai 22.00 wib.  Denggan ciri khas bandeng presto crispy. 

4.Bandeng presto Djoe 

Bandeng presto maknyuss (Sumber :Instagram /demarinsss) 
Bandeng presto djoe merupakan sentra kawasan oleh oleh khas semarang yang ada di kawasan pandanaran. Sentra oleh oleh semarang yang selalu jadi jujugan wisatawan saat berada di semarang. 

Bandeng djoe berada di jalan pandanaran no 51 semarang. Mulai buka dari jam 08.00 wib hingga jam 22.00 wib yang selalu rame diburu wisatawan saat berada di kawasan pandanaran. 

Adapun harga bandeng presto berkisar antara 51 ribu hingga 139 ribu tergantung dari besar kecil bandeng presto yang dibeli. 

Demikian ulasan mengenai tempat serta sejarah bandeng presto khas semarang. Semoga jadi panduan bagi kalian semua saat membeli oleh oleh di semarang.