Gereja blenduk semarang spot foto kota lama semarang (sumber :instagram/karisma_explorer)

Gereja blenduk semarang merupakan bagian dari wisata religi plus wisata sejarah bagian dari kota lama semarang, gereja yang atapnya blenduk hexagonal merupakan GPIB tinggalan jaman belanda yang menjadi ikon kota lama semarang. 

Gereja berbentuk blenduk dengan nama lain saat jaman belanda dinamai sebagai GPIB  (Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat) immanuel semarang merupakan cirikhas dari kota lama semarang yang telah jadi cagar budaya. 

I. Sejarah gereja blenduk semarang 

GPIB imanuel  kota lama semarang (sumber :instagram/kenzochan)

Gereja blenduk semarang dalam sejarahnya merupakan bagian dari kawasan kota lama semarang yang dibangun jaman belanda sekitar tahun 1700an yang berawal dari pembangunan kawasan pesisir jawa oleh VOC waktu itu. 

Kawasan yamg dimulai dari pembangunan benteng sebagai penopang sentra ekonomi pesisir tahun 1678. Melihat perkembangan yang pesat akhirnya dibangunlah hunian dan perkantoran untuk warga belanda yang tinggal disitu. 

Sedangkan gereja blenduk dibangun tahun 1753 sebagai pelengkap kawasan kota lama semarang sebagai sentra pemukiman kolonial bahkan kawasan tersebut dikenal dengan little netherland karena semua bangunan mirip kayak yang di belanda. 

GPIB immanuel semarang dibangun cukup unik dengan adanya kubah mirip bangunan masjid dengan dilapisi perunggu dan kubah berukuran oktagonal (persegi delapan)

II. Gereja blenduk semarang bangunan Cagar budaya


Gereja blenduk semarang ikon kota semarang (sumber :instagram/via_oktaviani28)

Gereja GPIB imanuel semarang merupakan bagian dari cagar budaya sejarah yang identik dengan bangunan kawasan kota lama semarang. 

GPIB imanuel pernah direnovasi tahun 1894 westernasis  dan HPA de wilde demi mempercantik ormanen gereja sekaligus ditambahi dengan dua menara kembar. 

III. Gereja Blenduk semarang wisata sejarah 


Wisata kota lama semarang (sumber :instagram/nabilasadiyahh)

Gereja blenduk semarang sejak program revitalisasi kota lama semarang dicanangkan tahun 2018 yang habiskan anggaran 150 miliar. 

Gereja blenduk menjadi spot foto menarik dengan berbagai keunikan ornamennya dan kubah blenduknya yang bikin menarik sebagai spot foto rame rame.

Kawasan kota lama semarang menjadi wisata baru bagi kalangan milenial untuk berselfie ria di area little netherland julukan kota lama semarang. 

IV. Gereja blenduk semarang spot little netherland kota lama semarang

Revitalisasi kawasan kota lama semarang (sumber :instagram/van.chariel)

Kawasan kota lama semarang sekarang menjadi wisata menarik yang layak dikunjungi untuk menikmati suasana ornamen ornamen peninggalan belanda yang berhasil di revitalisasi oleh pemerintah pusat tahun 2018.

Kawasan wisata gereja blenduk dan bangunan kota lama lainnya dulu terkenal kumuh kusam dan sebagai sarana mesum oleh PSK jalanan. 

Namun kini kawasan gereja blenduk semarang dengan seluruh bangunan kota lama semarang disulap menjadi wisata baru yang digemari para milenial untuk spot foto menarik. 

Disekitar taman dekat gereja blenduk bisa memanfaatkan persewaan skuter dengan tarif 15 ribu per 15 menit sedangkan persewaan sepeda tarifnya 15 ribu perjam. 

Taman srigunting yang dulu bekas pemakaman belanda disulap jadi taman sebagai arena menikmati suasana kawasan kota lama semarang sambil bersantai bersama. 

V. Kawasan barang antik semarang 

Kawasan barang antik kota lama semarang (sumber :instagram/purbohapsara)

Dalam kawasan sekitar gereja blenduk semarang juga ada kawasan barang antik semarang dimana para kolektor barang antik bisa berburu sesuatu yang unik dan klasik di kawasan tersebut. 

Banyak kolektor seluruh indonesia yang jauh jauh datang ke kawasan tersebut hanya untuk berburu barang antik di area tersebut. 

Demikian ulasan sisi menarik dari gereja blenduk semarang yang sangat layak dikunjungi saat ke semarang. Wisata kesukaan para milenial dan generasi z berfoto ria di kawasan bangunan kota lama semarang.