Liburan seru bareng bayi kecil (sumber :Pixabay /publicdomainpictures) 

 Berlibur bagi siapapun pasti bakal menyenangkan apalagi mengajak bayi kecil untuk liburan bersama pastilah seru. Namun perlu panduan menyiapkan liburan menyenangkan bersama bayi kecil agar terus nyaman selama liburan. 

Berlibur bersama orang dewasa lebih praktis dibanding liburan bersama bayi kecil. Ada berbagai persiapan yang harus disiapkan sehingga tidak kebingungan saat dalam perjalanan maupun saat berada dilokasi liburan. 

Dalam catatan ini ada dua tahapan penting menyiapkan liburan nyaman bersama si bayi kecil. Tahapan pra liburan dan tahapan merencanakan pelaksanaan liburan. 

I. Tahapan persiapan liburan bareng bayi

Tahapan ini dimaknai sebagai upaya menjaga kenyamanan bayi kecil selama perjalanan berlibur hingga tahapan saat berada di lokasi liburan wisata. 

Tanpa menyiapkan segala hal berbagai keperluan bayi maka dapat mengganggu kenyamananmu dan liburan bareng bayi kecil jadi terganggu. 

Ada enam hal yang harus disiapkan agar bayimu merasa nyaman selama proses liburan dan kamu bisa menikmati keseruan berlibur bareng si bayi. 

I.1. Siapkan Stroller untuk bayimu


stroller bayi saat berlibur (Sumber :pixabay/candid_shot)

Dalam memanfaatkan moment liburan bersama bayi kecil harus mampu menjaga kenyamanan si bayi sehingga liburanmu tidak merasa terganggu ketika bayi rewel. 

Dengan membawa stroller sendiri harapan membuat bayi merasa nyaman di lokasi wisata dan tidak bikin ribet saat berada dilokasi wisata. 

Dengan adanya stroller juga membantu ketika si bayi kecil kecapekan bisa ditidurkan dalam stroller. 

I.2. Siapkan segala keperluan bayi mulai dari gendongan,tas bayi hingga baju dan popok 


Tas perlengkapan bayi (Sumber : Pixabay/neslinglibrary)

Sebenarnya menyiapkan gendongan, baju hingga popok dalam tas bayi bisa dibeli dalam perjalanan atau di lokasi wisata tempat kita berlibur. 

Namun kawatirnya akan membuat ribet saat berada di lokasi tujuan wisata lebih baik menyiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. 

Menyiapkan baju bayi dan popok hingga perlengkapannya dalam satu tas bayi akan lebih praktis ketika dalam perjalanan dibutuhkan penggantian popok dan baju saat bayi sudah merasa gerah di perjalanan. 

Apalagi perjalanannya membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di lokasi tujuan wisata. 

Tak lupa siapkan gendongan demi bayi merasa nyaman saat kecapekan berada diperjalanan yang bikin jenuh sang bayi. 

I. 3. Menyiapkan makanan dan  mainan bayi sebelum berangkat liburan

Menyiapkan makanan si bayi (Sumber :pixabay /stocksnap)

Menyiapkan makanan bayi merupakan kategori wajib yang harus ada sebelum berangkat berlibur apalagi untuk perjalanan yang butuh waktu lama.

Variasi makanan juga penting untuk menjaga kenyamanan si bayi agar tidak merasa jenuh dalam menikmati liburan.

Dengan menyiapkan makanan sendiri dari rumah harapannya bisa membuat segala hal berkaitan kerewelan si bayi saat perjalanan efek lapar bisa teratasi tanpa harus beli di perjalanan .

Karena hanya faktor lapar dari sang bayi bisa menggangu kenyamananmu dalam liburan baik saat perjalanan maupun saat di lokasi liburan. 

Selain makanan ternyata dengan menyiapkan mainan untuk bayi bisa menjadi solusi melepas kejenuhan selama perjalanan menuju lokasi wisata. 

Disamping itu mainan juga sebagai hiburan tersendiri bagi sang bayi yang belum menikmati betul suasana kondisi baru dari biasanya dia temui. 

II. Tahapan merencanakan pelaksanaan liburan 

Setelah tahapan menyiapkan keperluan liburan maka tahapan selanjutnya adalah gimana tahapan merencanakan pelaksanaan liburan bareng sang bayi yang bikin nyaman. 

Ada lima hal yang harus direncanakan sehingga liburan bersama sang bayi betul betul menyenangkan. 

II.1. Rencanakan perjalanan siang

Berlibur bareng bayi kecil (sumber :pixabay/21150)

Dengan menjadwalkan perjalanan siang harapannya akan lebih memudahkan dalam membuat kenyamanan sang bayi saat diperjalanan. Dan andaikan perjalanan tersebut butuh waktu lama maka akan memudahkan tidur di perjalanan. 

Disamping itu perjalanan siang juga bisa bikin penyesuaian suasana saat perjalanan yang bikin bayi merasa nyaman menuju lokasi liburan. 

II. 2.Pilihlah lokasi yang cocok buat si kecil

Berlibur bareng si kecil (sumber :pixabay/947051)

Dengan memilih lokasi liburan yang nyaman buat sang bayi maka membuat liburanmu bareng si kecil akan lebih seru karena sang bayi tidak merasa jenuh, rewel dan kurang nyaman tentang lokasi wisata yang dipilih.

Lokasi wisata yang bisa membuat kesan bagi sang bayi akan lebih seru dibanding melihat bayi selalu rewel karena faktor salah menentukan lokasi yang dituju. 

Biasanya lokasi yang cocok buat berlibur bareng sang bayi adalah lokasi wisata yang tidak menimbulkan kebisingan dan ada arena bermain untuk ekspresi sang bayi. 

II. 3. Jadwalkan liburan bukan saat puncak liburan

Jadwal liburan bukan puncak liburan (Sumber :pixabay/JESHOOTS-com)

Dengan memilih waktu liburan bukan pada puncak liburan akan membuat bayi merasa nyaman saat perjalanan maupun saat berada dalam lokasi wisata liburan. 

Karena tingkat kenyamanan si bayi sangat ditentukan tidak bisingnya sekitar dia sehingga tidak rewel dalam momen liburan tersebut. 

Kalau mimilih pada puncak liburan maka tingkat keramaian lokasi wisata membuat bayi merasa kurang nyaman saat berlibur. 

 II. 4.Fokuslah liburan yang bikin nyaman

Liburan nyaman bareng sikecil (Sumber:Pixabay/peggy_marco)

Dengan membuat seluruh konsentrasi kita fokus pada liburan maka akan lebih membuat fresh suasana serta si bayi merasa nyaman dalam menikmati liburan bersama. 

Liburan yang menyenangkan ketika seluruh anggota keluargamu merasa menikmati kenyamanannya suasana selama liburan berlangsung. 

Demikian ulasan tentang berbagai panduan menyiapkan liburan bareng bayi kecil yang tentu beda perlakuannya saat berlibur dengan orang dewasa.