Candi gedung songo semarang (sumber :instagram/hvic_32)

Candi gedung songo semarang merupakan bagian dari wisata bandungan yang keindahan alamnya dan hawa sejuknya cocok buat berlibur bareng keluarga. 

Wisata yang terletak di ketinggian 1200 diatas permukaan laut membuat hawa sejuk dan kesegarannya cocok buat berlibur bareng keluarga untuk melepas penat. 

Wisata yang keindahan alamnya berada dilereng gunung ungaran membuat merasa nyaman disana. Apalagi suasana sekitar candi gedung songo semarang sangat nyaman dengan penginapan hotel terjangkau, makanan makanan khas semarang yang bikin nagih. 

Candi gedung songo merupakan perpaduan wisata sejarah napak tilas berdirinya candi dan pesona alam bandungan yang sejuk dengan keindahan alam yang bikin betah. 

Candi gedung songo yang merupakan peninggalan abad 17 ini cocok buat wisata relax bareng keluarga sambil menikmati suasana bandungan yang terkenal sejuk dan adem. 

I. Sejarah asal usul candi gedung songo semarang

Sejarah candi gedung songo semarang (sumber :instagram/exploresemarang)

Memahami asal usul candi gedung songo semarang pastinya seolah kita membuka flashback sejarah saat candi gedung songo semarang ditemukan pertama kali. 

Candi gedung songo semarang ditemukan pertama kali oleh seorang arkeolog belanda. Sosok yang bernama Sir thomas stamford raffles yang sekaligus pengembang dari obyek wisata kebun raya bogor. 

Pada tahun 1740 Sir thomar stamford raffles menemukan kawasan candi dibandungan yang berjumlah 7 buah. Lalu pada saat itu kawasan tersebut dinamakan candi gedung tujuh (jawa : candi gedung pitu). 

Lalu dalam perkembangan waktu seorang arkeolog belanda lainnya pada tahun 1908 menemukan dua lagi kawasan candi sekitaran yang ditemukan raffles. Maka saat itu menggenapi kawasan candi menjadi sembilan hingga akhirnya terkenal menjadi candi gedung songo semarang. 

Pada tahun 1928 kawasan candi 1 dan II mengalami pemugaran hingga memakan waktu setahun. Sehingga kawasan tersebut layak dikunjungi untuk wisata. 

Pada tahun 1972 pemerintah indonesia secara resmi melakukan pemugaran kawasan candi tersebut. Pada proses pemugaran yang dilakukan pemerintah memakan waktu sepuluh tahun yang akhirnya bisa dinikmati sebagai kawasan wisata yang layak dikunjungi. 

II. Pesona kawasan wisata candi gedung songo semarang

Keindahan alam kawasan candi gedung songo semarang (sumber :instagram/hny_indonesia)

Kawasan candi gedung songo semarang merupakan kompleks bangunan candi tinggalan hindu jaman wangsa syailendra yang dibangun sekitar abad 9 (tahun 927 Masehi). 

Kawasan candi gedung songo semarang terletak di desa candi bandungan kabupaten semarang yang sangat terkenal sebagai kawasan penuh pesona wisata dengan keindahan alamnya dan hawanya yang sejuk adem. 

Kawasan candi gedung songo semarang terletak berada di ketinggian 1200 m diatas permukaan laut tepatnya berada dilereng gunung ungaran. 

Kawasan candi gedung songo semarang mudah dijangkau dengan segala transportasi. Kalau dari kota semarang sekitar 45 menit sampai kawasan candi gedung songo semarang. 

Kalau dari ungaran kurang lebih 30 menit nyampe sedangkan dari kota ambarawa kurang lebih 15 menit sampai di lokasi wisata kawasan candi gedung songo semarang. 

Cirikhas kawasan candi gedung songo semarang kawasan candi yang dilengkapi berbagai keindahan alam dan udara yang adem bikin betah lama berwisata di kawasan wisata bandungan apalagi harga penginapannya sangat terjangkau. 

III. Kelebihan wisata candi gedung songo semarang 

Kawasan candi gedung songo semarang yang berada di kawasan wisata bandungan yang terkenal dengan aneka pesona wisatanya punya keunggulan dibanding kawasan candi yang lainnya. 

Ada 5 kelebihan utama wisata candi gedung songo semarang yang menjadi alasan utama bagi kalian yang ingin berkunjung di kawasan candi gedung songo semarang. 

III.1. kawasan sumber bio energi terbesar se asia

Kawasan pemandian air panas candi gedung songo semarang (sumber :instagram/herdiyantiwidia)

Kawasan candi gedung songo semarang menyimpan potensi uap air panas yang dapat diolah menjadi sumber bioenergi terbesar se asia. 

Kawasan yang terdapat energi panas bumi di kawasan lereng gunung ungaran yang potensi menjadi sumber energi terbarukan untuk keperluan tenaga listrik tenaga uap bumi. 

Selain itu sekitar candi III dan empat terdapat kawasan pemandian air hangat yang terdapat unsur belerang yang cocok buat menghilangkan penyakit kulit dan cocok buat hawa penghangat ketika udara bandungan yang suhunya dingin. 

III.2. Kawasan buat berkemah

Candi gedung songo semarang tempat untuk berkemah (sumber :instagram/den_dayat_)

Kawasan candi gedung songo semarang selain cocok untuk berwisata napak tilas sejarah, ternyata kawasan tersebut sering digunakan untuk tempat berkemah. 

Pesona alamnya yang masih alami, hawanya yang sejuk dan berbagai pohon yang rimbun membuat kawasan candi gedung songo sering dipakai buat berkemah.

Area yang luas dan petualangan alamnya yang layak dijelajahi membuat kawasan candi gedung songo menarik dijadikan apot berkemah. 

III. 3. Pemandian air hangat 

Candi gedung songo semarang (sumber :instagram/myproguide_indonesia)

Seperti dulas Sebelumnya bahwa kawasan candi gedung songo semarang menyimpan potensi sumber bio energi terbesar di asia. Sumber yang terdapat efek dari kawasan tersebut berada dilereng gunung yang unsur uap belerangnya kian kuat. 

Dari uap tersebut membuat beberapa kawasan yang ada unsur airnya berubah jadi hangat yang cocok buat kawasan air hangat sangat cocok buat pemandian air hangat. 

Kawasan tersebut ditemukan terletak di sekitaran candi ketiga dan keempat yang akhirnya dijadikan kawasan pemandian air hangat yang banyak dimanfaatkan wisatawan. 

III.4. Berwisata sambil menunggang kuda 

Kawasan berkuda di candi gedung songo semarang (sumber :instagram/mianurlatifah)

Kawasan candi gedung songo semarang yang mendaki dan luas kadangkala membuat capek para wisatawan saat berkunjung di kawasan candi gedung songo semarang. 

Maka peluang tersebut dimanfaatkan warga lokal dengan menawarkan pada wisatawan untuk menyewa kuda saat menikmati keindahan alam kawasan wisata candi gedung songo semarang. 

Jadi sambil menikmati pemandangan bisa berkuda hingga puncak tanpa harus kecapekan saat berada dikawasan wisata candi gedung songo semarang. 

Hal itulah yang membuat keunikan tersendiri dibanding kawasan candi lainnya diindonesia. Karena wisatawan bisa berkuda sambil berwisata alam. 

III. 5. Spot foto instagramable 

Ayana candi gedung songo semarang (sumber :instagram/semarangexplore)

Kawasan candi gedung songo semarang terus berbenah menjadi pesona wisata yang penuh spot foto yang instagramable sehingga sangat digemari para milenial untuk berkunjung ke kawasan candi tersebut. 

Terbaru dari kawasan candi gedung songo semarang dilengkapi dengan wahana baru ayana yang cocok untuk spot foto instagramable. 

Jadi kawasan yang pesona alamnya sudah indah dibuat semakin nyaman dengan wahana wisata ayana yang disetting untuk lokasi berselfie para milenial bersama keluarganya untuk mengabadikan foto dengan nuansa alam kawasan candi gedung songo yang indah. Hal itulah yang membuat wisata bandungan selalu layak dikunjungi darimanapun kalian berada. 

IV. Kesimpulan

Kawasan candi gedung songo semarang merupakan bagian dari pesona wisata bandungan yang memiliki keindahan alam yang bikin nyaman buat berlibur dengan suasana hawa bandungan yang dingin dan sejuk. 

Kawasan candi gedung songo semarang merupakan peninggalan penganut hindu pada saat wangsa syailendra sekitar abad 9 (927 M) 

Kawasan tersebut menjadi bagian dari napak tilas sejarah sambil menikmati keindahan alamnya yang berbeda dibanding kawasan candi lainnya.